Contact Us Blogger Profile

Cara Mengatasi No bootable device please restart system

Munculnya peringatan No Bootable Device Please Restart Sistem pada laptop, mengindikasikan adanya kesalahan sistem hingga menyebabkan kegagalan proses booting. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, permasalahan tersebut sering diakibatkan karena adanya kerusakan atau error pada hardware.

Salah satu contoh kasus penyebab No bootable device please restart sistem adalah karena terjadi pemadaman listrik PLN disaat sedang mengisi ulang baterai laptop setengah jalan, tanpa mencabut charge hingga listrik menyala kembali, dan saat laptop dihidupkan muncul peringatan tersebut

Setelah dilakukan tindakan troublesooting pada laptop, ternyata ditemukan kerusakan karena hubungan arus pendek pada instalasi jaringan motherboard yang menyebabkan hangusnya komponen. Jika demikian maka satu-satunya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengganti komponen motherboard atau motherboard itu sendiri secara keseluruhan.

No bootable device please restart sistem bisa juga diakibatkan karena error pada memori ram, prosesor, instalasi kipas internal, dan harddisk. Maka sebelum memutuskan mengganti motherboard identifikasi terlebih dahulu dengan memeriksa tiap-tiap komponen laptop anda.

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.