Contact Us Blogger Profile

Pengertian Jaringan GPRS, EDGE, 3G, UMTS, HSDPA, 4G

Kualitas jaringan internet di Indonesia akhir-akhir ini memang semakin pesat, mulai dari layanan jaringan GPRS sampai 4G, hal tersebut berbanding lurus dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat, dan rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan paket data yang sudah menjadi kebutuhan pokok.

Namun tahukah kamu, walaupun banyak orang yang tidak asing dengan istilah GPRS, EDGE, 3G, UMTS, HSDPA, dan 4G, sayangnya tidak sedikit orang  yang masih belum paham arti dari istilah tersebut, ditambah lagi beberapa wilayah seperti diarea pegunungan belum sepenuhnya bisa menikmati layanan yang dapat diakses di setiap sudut kota itu. Jadi buat yang belum tahu arti dari jaringan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, 3G, dan 4G berikut ini penjelasannya :

1. GPRS

General Packet Radio Service (GPRS) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengirim dan menerima paket data, dan sering disebut juga dengan 2,5G. Kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps, sehingga dapat mengakses internet, mengirim email dan MMS.

2. EDGE

Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE) atau biasa disebut juga dengan 2,75G, adalah suatu teknologi evolusi dari GSM dan IS-136 dengan Kecepatan akses 3 kali lebih cepat dari GPRS, dan bisa digunakan untuk browsing, email dan MMS.

3. 3G

Third Generation Technology atau W-SDMA/UMTS adalah generasi ke tiga dari pengembangan teknologi nirkabel yang sebanding dengan EVDO (Evolution Data Optimized), dan memiliki kecepatan akses sampai 480kbps sehingga setingkat lebih tinggi dari EDGE. Layanan jaringan ini dapat mengakses vidio calling dan video conference.

4. UMTS

Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) adalah teknologi telepon genggam versi 3G (generasi ke-3), dengan model yang digunakan yaitu W-CDMA dengan standarisasi oleh 3GPP.

5. HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah pengembangan 3G dan sering disebut dengan 3,5G. Kecepatan akses hingga 3,6 Mbps atau 9 kali lebih cepat dari layanan 3G pada umumnya, sehinggan menghasilkan gambar yang lebih tajam dari  pada jaringan 3G, dan dapat mengakses video call, mobile video, mobile TV, serta video conten lainnya.

6. 4G

Teknologi 4G sama seperti teknologi Long Term Evolution (LTE) namun hanya evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) yang berasal dari 3GPP2. 4G memiliki salah satu teknologi yang disebut WiMax. International Telecommunication Union (ITU) telah menerima mobile standard untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih tergolong kedalam keluarga 3G. ITU sendiri sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat 4G.

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.