Contact Us Blogger Profile

Tips Aman Berbelanja Online

Berbelanja secara online sudah menjadi gaya hidup orang perkotaan masa kini, aktifitas tersebut ditunjang dengan semakin banyaknya bisnis e-commerce yang bermunculan dengan menawarkan berbagai macam produk, dan harga yang bervariasi, serta kemudahan bertransaksi tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

Namun hanya satu yang perlu diwaspadai saat berbelanja online yaitu dari segi keamanannya. Tak bisa dipungkiri, meski banyak manfaat yang didapat dari berbelanja online pasti akan ada sisi negatifnya, entah itu penipuan, pencuria nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Lalu bagaimanakah agar bisa terhindar dari kejadian tersebut, berikut ini penjelasan beberapa tips aman berbelanja online :


1. Lakukan riset pada situs e-commerce tempat anda akan berbelanja online. Caranya dengan memeriksa Identitas atau nomor telepon dari situs e-commerce, dan apabila belum bisa meyakinkan carilah ulasan dari konsumen mereka melalui forum-forum online seperti yahoo, kaskus, dll. Kalau ada yang tidak beres lebih baik tidak usah berbelanja online disitus tersebut.
 

2. Pertimbangkan cara pembayarannya. Apabila via transfer kirim perhatikan apakah situs e-commerce menyediakan layanan ATM bersama dalam bertransaksi, jika tidak anda patut mencurigai. Opsi berikutnya proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, untuk cara bertransaksi yang satu ini waspadailah karena akhir-akhir ini banyak terjadi pencurian nomor kartu kredit, maka carilah tanda kalau situs e-commerce aman dengan melihat pada gambar gembok di baris status (status bar) browser, dan link alamat situs yang berubah dari "http" menjadi "https" dengan arti bahwa proses pembayaran tersebut dienkripsi, namun bila tanda-tanda itu tidak ada bisa bisa jadi situs e-commerce tidak aman. Dan lebih baik lagi jika mempertimbangkan cara pembayaran lain melalui Paypal atau sistem COD.
 

3. Baca secara teliti kebijakan dari situs e-commerce tentang data pribadi anda, hindari situs e-commerce yang menyebutkan bahwa admin boleh memberikan data pribadi anda ke pihak lain. Selain itu baca pula kebijakan pengembalian barang, apakah ada garansi pengembalian barang jika barang yang diterima cacat/rusak dan diganti dengan yang baru atau uang dikembalikan, perhatikan pula siapa yang menanggung biaya pengembalian barang.
 

4. Jangan tegoda barang murah, curigailah pada produk-produk bermerek dengan potongan harga yang sangat besar, dan hindari tawaran barang berharga murah melalui email, apalagi memintan ID dan password tanpa ijin si pemilik email. Kiriman email tersebut biasanya ulah spammer yang mengatasnamakan perusahaan bercitra baik, bukankah sebainya langsung mengunjungi situs perusahaan bercitra baik tersebut daripada membuka lewat email atau jendela pop-up.
 

5. Perhatikan deskripsi produk dan harganya, Baca deskripsi produk apakah sebanding dengan harga yang ditawarkan, karena harga mungkin belum termasuk biaya packing dan ongkir. Setelah itu bandingkan harga total dengan situs e-commerce lainnya. Jika sudah mengambil keputusan untuk membeli simpanlah bukti transaksi termasuk deskripsi dan harga barang, kuitansi digital, dan salinan email antara anda dengan penjual.
 

6. Amankan PC/laptop. Baiknya PC/laptop anda sudah ada antivirus agar terhindar dari spyware dan firewall yang bisa mengambil alih kendali laptop dan melakukan transaksi tanpa sepengetahuan anda.

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.