Contact Us Blogger Profile

6 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog

Mempercepat loading blog termasuk tips SEO yang direkomendasikan oleh google, betapa tidak, kecepatan loading blog merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan baik tidaknya SEO suatu blog. Maka jika anda ingin menambah jumlah pengunjung blog, faktor tersebut perlu diperhitungkan dengan tepat.

Singkat atau lambatnya kecepatan proses loading blog, berpengaruh pada tingkat kepuasan pengunjung saat membuka halaman blog. Sebagai contoh, proses loading blog yang lemot umumnya dapat membuat pengunjung emosi dan mengurungkan niatnya membuka halaman blog tersebut, berbanding terbalik dengan proses loading blog yang cepat, akan membuat pengunjung tidak membuang waktunya sia-sia dan bisa memperoleh informasi dengan segera. Lalu Bagaimanakah cara mempercepat loading blog?, berikut ini panduan selengkapnya :

1. Minimalkan Ukuran Gambar
Cara yang satu ini paling sering diterapkan pada saat menulis artikel dengan menyisipkan gambar didalamnya, karena memberikan unsur mempertegas maksud dari informasi yang disampaikan dan memperindah artikel secara keseluruhan. Oleh karena itu, saat memposting gunakan gambar dengan kapasitas/ukuran seminimal mungkin agar proses loading lebih singkat.

2. Kurangi Jumlah Postingan di Halaman Utama.
Apabila pada halaman utama blog berisi terlalu banyak artikel terbaru, sebaiknya kurangi menjadi setengah atau lebih sedikit dari jumlah awal, karena akan mengurangi size page dan otomatis mempercepat proses loading. misal dari 8 latest artikel dikurangi menjadi 4 saja.

3.  Gunakan Widget Sidebar Seperlunya.
Pasang widget sidebar di halaman blog yang standar-standar saja seperti latest post, popular post, dan subcribe, tidak perlu ditambah-tambahi widget pemanis yang tidak penting seperti jam, kalender, mp3, video, dll. Hal tersebut justru bisa memperlambat loading blog.

4.  Pilih Server terdekat.
Jika target blog anda adalah pengunjung dari Indonesia maka pilih lokasi server yang berada di Indonesia, sehingga bila pengunjung mengakses blog, proses pengiriman data tidak jauh. Berbeda bila anda menggunakan server dari Amerika, proses loading lebih lama karena pengiriman data terlalu jauh.

5.  Pakai Template yang Fast.
Pakai template yang fast loading, dan jangan gunakan template yang bagus tapi lemot. Apalagi masih banyak pilihan template fast loading yang tidak berbayar, seperti yang disediakan oleh blogspot dan wordpress.

6. Lakukan Manify Script.
Maksudnya adalah menghilangkan script atau kode yang tidak perlu pada css,html, js, atau file-file lain yang ada di blog. Jika anda ingin tahu caranya, cari di google.

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.