Contact Us Blogger Profile

Cara Memperbaiki Memory RAM Rusak - Error

RAM (Random Access Memory) memiliki peran yang sangat sensitif terhadap proses penyimpanan data sementara pada komputer. Dan seiring dengan berjalannya waktu ada kalanya kinerja RAM bisa terganggu karena kesalahan sistem atau kelalaian pengguna, yang berakibat fatal pada error atau kerusakan RAM.

Ciri-ciri RAM rusak atau error ditandai seperti komputer sering restart, hang crash, shutdown dengan sendirinya, komputer menjadi blue screen secara tiba-tiba, komputer mengeluarkan bunyi beep saat pertama kali dinyalakan, dan komputer tidak bisa booting sama sekali.

Lalu bagaimana cara memperbaiki memory RAM yang rusak/error?, berikut ini panduan selengkapnya berdasarkan jenis faktor penyebab :

1. Tengangan Listrik Tidak Stabil
Arus listrik yang mendadak terhenti bisa menjadi faktor penyebab error/kerusakan memory RAM, karena sistem belum sempat mematikan komputer sesuai prosedur.

Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan power supply atau UPS agar saat tidak ada tengangan listrik, komputer sempat dimatikan sesuai prosedur.

2. Slot Memory atau Kuningan Ram Kotor dan berdebu
Kotoran dan debu juga jadi faktor penyebab selanjutnya. Karena mungkin saja setelah sekian lama komputer dipakai banyak kotoran yang masuk kebagian dalam komponen dan menempel di slot memory atau kuningan RAM.

Cara mengatasinya dengan membersihkan kuningan RAM dan slot memory menggunakan kain lap atau kuas kecil khusus pembersih komputer.

3. Overclocking atau Memaksa Kinerja RAM
Faktor ini kebanyakan dialami oleh penyuka game yang terlalu lama bermain dengan menggunakan komputer, apalagi spesifikasi dan kualitas game melebihi kapasitas RAM yang tertanam. otomatis RAM menjadi overclocking dan semakin cepat panas yang akhirnya berakibat pada kerusakan RAM.

Cara mengatasinya harus dengan memasang memory RAM yang berkapasitas besar, agar dapat terhindar dari overclocking dan bisa mengimbangi saat memainkan game yang berkualitas tinggi.

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.