Contact Us Blogger Profile

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook Secara Umum

Komputer jinjing seperti laptop, notebook, dan netbook merupakan perangkat elektronik yang mudah ditemukan dan banyak digunakan oleh hampir setiap orang di dunia. Dari ketiga jenis perangkat ini memiliki perbedaan yang dapat dilihat langsung secara visual, walaupun bentuknya serupa tapi tak sama.

Pada dasarnya notebook atau netbook adalah generasi terbaru dari laptop, meskipun ada beberapa komponen yang ditiadakan tapi membuat notebook/netbook menjadi lebih ramping dan ringan saat dibawa. Jika ditanya soal perbedaan ketiganya, maka komponen lah jawaban yang sudah pasti. Dan juga ada bebarapa aspek pembeda lain seperti yang dijelaskan berikut ini :

1. Komponen
Perbedaan yang sudah pasti jelas dari ketiga perangkat ini terletak pada komposisi komponen yang disematkan, dan salah satu komponen pembeda yang paling umum adalah DVD-ROM yang tidak ada di netbook dan beberapa jenis notebook.

2. Ukuran Layar
Untuk Komputer jinjing jenis netbook memiliki ukuran layar antara 6-13 inci, dan notebook memiliki ukuran layar antara 13.1-18 inci, sedangkan laptop memiliki ukuran layar paling besar yaitu lebih dari 18 inci.

3. Spesifikasi
Jika komponen dan ukuran layar saja sudah berbeda apalagi spesifikasinya, dengan semakin lengkap komponen dan ukuran layar yang bertambah lebar, tentu spesifikasi juga lebih mumpuni. Contoh sederhana seperti kapasitas RAM dan processor yang ditanamkan pada laptop, karena ukuran layarnya yang besar maka RAM yang ditanamkan bisa lebih dari 2GB, itu berarti kualitas grafis layar juga meningkat. Selain itu processor yang digunakan umumnya tipe menengah keatas. 

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.