Contact Us Blogger Profile

Pengertian dan Fungsi Memory RAM Komputer

Randome Access Memory (RAM) adalah Hardware yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi atau program saat memproses pengiriman informasi pada sistem komputer, yang akhirnya berfungsi mempercepat pemerosesan informasi tersebut, terutama saat banyaknya aplikasi yang sedang berjalan.

RAM sudah berada pada level DDR 3, yang penggunaannya tidak terbatas pada PC saja tapi juga telah menjadi bagian dari komponen laptop dan perangkat teknologi terbaru berbasis komputer lainnya, dengan kapasitas yang bervariasi mulai dari 1 GB  hingga lebih dari 128 GB tergantung pada spesifikasi dan penggunaannya. Semakin berat penggunaan perangkat teknologi dalam menjalankan aplikasi yang berkualitas tinggi seperti game 3D maka semakin besar pula kapasitas RAM yang diperlukan. Selain itu dengan semakin besar kapasitas RAM yang digunakan juga akan memperlancar proses multitasking suatu perangkat teknologi, multitasking sendiri adalah keadaan dimana perangkat bisa memproses/membuka lebih dari 2 aplikasi dalam sekali jalan.

RAM memiliki kecepatan baca yang jauh lebih cepat 10 kali lipat dari memori internal, external, atau memori biasa lainnya, sehingga wajar bila sekarang menjadi primadona dan digunakan oleh hampir seluruh perangkat teknologi berbasis komputer.

Jadi jika akan membeli perangkat teknologi seperti laptop sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kapasitas RAM yang menjadi spesifikasi dari laptop itu, serta disesuaikan pula dengan kebutuhan anda akan laptop tersebut.
Baca juga :  Cara Memperbaiki Memory RAM Rusak - Error

Copyright © 2014-2019. Modified by sowan tekno solusindo.